Publikasi Statistik Pemerintahan


Graph Meeting

Ya, saya tahu judul tulisan kali ini sepertinya sangat serius. Padahal saya memang sedang serius🙂. Sebagai seorang statistician (atau lebih aman saya sebut: lulusan statistika), saya suka melihat angka, grafik, diagram, dan segala yang berkaitan dengan statistik. Saya kadang dengan naifnya menilai sesuatu dari statistik, termasuk kinerja Pemerintah.

Bukan rahasia lagi kalau Indonesia masih memiliki database pembangunan yang minim (dibanding India, misalnya). Lepas dari realibilitas statistik yang ada, saya mengagumi India dalam menyediakan begitu derasnya publikasi statistik dan informasi (hasil serta proses) pembangunannya. Kita masih jauh dari India.

BPS adalah tumpuan statistik di Indonesia. Meski sayangnya data yang disediakan BPS secara online nggak tremendous. Mayoritas data merupakan kompilasi nasional, atau maksimal dalam taraf region/provinsi. Bisa jadi ini karena pertimbangan confidentiality atau simply demi menjaga tampilan website yang sederhana dan nggak complicated.

Selain BPS, saya juga suka menjelajah situs-situs Pemerintahan untuk melihat sejauh mana penyelenggara negara ini melaporkan hasil kerjanya secara publik. Dan saya akhirnya memilih lima departemen/kementerian terbaik dalam hal pemeliharaan database, derajat publikasi, dan aksesibilitasnya.

1. Kementerian Pertanian

Ini dia juaranya. Kementerian Pertanian punya data yang komprehensif sampai ke tingkat kabupaten. Meski di level kabupaten masih banyak data yang belum terisi, saya suka dengan inisiatif untuk merekap dan menyajikan data dalam tingkat detail yang dalam tersebut. Silakan akses link ini untuk data sektor pertanian (mencakup tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan).

2. Kementerian Kesehatan

Saya terus terang terkejut dengan kementerian yang dinilai termasuk institusi terkorup ini. Saya nggak menyangka bisa mendapat data yang sangat detail pada bidang-bidang kerjanya. Lebih dari itu, statistik tersebut tersaji dengan tampilan cantik sekaligus informatif. Saya juga menilai dari laporan yang ada bahwa kementerian ini mencatat kinerjanya dengan rapi. Klik di sini untuk halaman statistik mereka dan di sini untuk contoh tampilan cantik yang saya bilang tadi.

3. Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral punya page tersendiri sebagai pusat datanya. Nama page ini adalah data warehouse alias gudang data. Menu datanya memang relatif lengkap, penyajiannya menarik, namun data kurang mendetail dan hanya tersedia dalam level nasional.

4. Kementerian Pekerjaan Umum 

Kementerian yang bertanggungjawab pada pembangunan infrastruktur negeri ini rupanya berkomitmen untuk memberikan pencapaian mereka. Saya salut dengan statistik yang terkumpul di halaman statistik mereka.

5. Kementerian Perdagangan

Kementerian ini juga memiliki data yang cukup kaya dan mempublikasikannya. Menunya pun cukup banyak dan aksesnya relatif mudah. Klik di sini untuk halaman statistik mereka.

—–

Di samping lima institusi di atas, beberapa kementerian lain telah melengkapi statistik hasil kinerja dengan cukup bagus, namun kurang dalam hal penyajian dan penjelasan—sehingga rekapitulasi data yang ada tidak mencerminkan informasi yang mudah dicerna.

1. Kementerian Perindustrian

2. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi

3. Kementerian Sosial

—–

Kementerian lain yang nggak berhasil masuk dalam daftar saya berarti tidak punya statistik yang membanggakan, tidak menggunakan statistik sebagai indikator kinerjanya, atau simply karena tidak bisa diakses websitenya.

Selamat berburu statistik!

 

2 thoughts on “Publikasi Statistik Pemerintahan

  1. danirachmat says:

    Berasa banget memang soal kurangnya update data di lembaga-lembaga pemerintahan. Kalo yang tak rasakan sih terutama di bidang perbankan dan penanaman modal. Data yang dicari sering ga ketemu, atau kalaupun ada nyarinya susah setengah mati.

    Cuman bisa mimpi untuk data update industri dengan kondisi terkini (beda waktu data terakhir maksimal 3 bulan gitu). Yang ada data-data yang sudah usianya setahun atau lebih. Padahal lembaga independen bisa kasih tuh data yang jauh lebih terkini.. Mulai dari mana ya?😀

    • iya dan! pokoknya kalo soal data aku salut sama india. dan ngerasa minder sama negeri sendiri yang nggak rajin bikin basis data yang reliable.
      btw, kata aa gym, mulai dari diri sendiri😀

Leave a Reply

