Standar Gaji: Update!


Berdasarkan statistik yang dihimpun oleh wordpress, ternyata gaji adalah topik nomor satu yang paling dicari di blog saya (diikuti kata kunci libur dan sex). Ini menandakan bahwa uang masih menjadi urusan paling penting dan nggak ada habisnya untuk dibicarakan. :-)

Saya sesungguhnya juga merasakan hal yang sama. Saya selalu ingin tahu berapa berapa pendapatan orang-orang sehingga jalanan Jakarta semakin hari semakin dipenuhi mobil-mobil pribadi. Saya tentu saja juga ingin tahu apakah yang saya terima sudah masuk akal dan layak. Karena itu saya bikin riset kecil-kecilan untuk mengumpulkan informasi mengenai rentang gaji berbagai profesi di Indonesia.

Metode:
– Bertanya secara kasual pada kenalan, teman, dan kerabat
– Info lowongan pekerjaan yang mencantumkan penawaran gaji
– Menjelajahi internet, termasuk milis-milis
– Semua bersifat random, artinya tidak ada kerangka tertentu dalam pengambilan sampel
– Angka disajikan dalam Rupiah/bulan

Disclaimer:
– Kadang tidak akurat: ada yang membesar-besarkan, ada yang mengecil-kecilkan
– Tidak bermaksud menyalahi azas kerahasiaan dan kesopanan (banyak sekali yang tidak mau membagi informasi ini). Bagi manajemen perusahaan yang membaca postingan ini, mohon dimaklumi. Ini adalah misteri sejuta umat :-)
– Mohon diingat bahwa gaji sangat tergantung pada lama pengalaman dan histori gaji sebelumnya

Karena info yang saya kumpulkan masih minim, saya belum bikin matriks yang user-friendly. Saya menggolongkan profesi menurut sektornya: Pemerintah, Swasta, NGO/LSM. Jenis profesi akan sangat beragam sesuai title orang yang saya temui/tanyai. Postingan ini akan terus saya update tanpa membuka postingan baru. Saya akan sangat berterima kasih atas semua masukan untuk penyempurnaan informasi ini.

Pemerintah dan Semi-Pemerintah

PNS menerima gaji pokok yang bersifat seragam menurut golongan dan pangkat, ditambah tunjangan yang bervariasi menurut institusi dan status keluarga. Saya terakhir bekerja di Dep. ESDM tahun 2009 dengan gaji kira-kira 1,8 dan tunjangan 1,6 juta. Masih ditambah penghasilan lain dari honor-honor tim dan sisa biaya perjalanan dinas (waktu itu belum at cost).

PNS Analis Gol. IIIA Dep. Keuangan, gaji + tunjangan: 6,5
PNS Analis Gol. IIIB Dep. ESDM, gaji + tunjangan: 5,5
Commercial Specialist US Embassy: 15
Voucher Examiner US Embassy: 7,6
Account officer bank ternama: 7
Partner relation officer US Peace Corps: 9,7
Regional manager US Peace Corps: 11,3

BUMN/BHMN

* Spesial * Pejabat BI
(belum termasuk tunjangan fungsional, tunjangan insentif, tunjangan THR, tunjangan cuti tahunan dan tunjangan lembur)

Gubernur BI:199,3
Asisten Gubernur: 99,7
Direktur Eksekutif/Senior: 83,1
Direktur: 57,7
Asisten Direktur: 32,9
Manajer: 26,2
Asisten Manajer: 17,7
Staf:12,7
Asisten Pelaksana: 6,2

PLN: 4 (f.g, setahun 18x gaji)

Swasta

Editor fiksi: 4 – 6
Staff Pertamina (Persero, fresh graduate): 7
Staff perusahaan IT grade 6 : 4 – 5
Staff perusahaan IT grade 7: 5 – 9
Professional perusahaan IT grade 8: 9 – 15 + transport 1,75
Managerial perusahaan IT grade 9: 15 – puluhan + transport 9
Managerial perusahaan IT grade 10: di atas 30 – ratusan + transport 16
Programmer perusahaan otomotif: 12
Programmer perusahaan IT: 4
Senior office boy perusahaan “besar”: 5
Schlumberger: 10 (f.g)
Exxon: 10 (f.g) 
McKinsey: 9 (f.g)
Unilever: 8 (f.g) 

NGO & CSO

Analyst/advisor (international NGO): 8 – 22 *new*
Admin officer: 6
Project officer: 15 (USD 88 per hari)
Project officer USAID: 9
Program officer British Council: start from 8,8
Communication officer British Council: start from 8,8
Regional contract development manager British Council: start from 14,5
Program manager AUSAID: start from 19
Senior program manager AUSAID: start from 25
Standar gaji UN di Indonesia *new*
ASEAN Secretariat: *new*
– Technical Assistant: 3,5 – 5
– Technical/Program Officer: 5 – 20 (tergantung latar belakang akademis dan pengalaman, i.e. lulusan Master dengan 5 tahun pengalaman bisa mendapat 10 juta)
– Senior officer: USD 29,000 – 40,000 (*unverified*)

Klik di sini untuk melihat postingan pertama saya mengenai hasil riset yang dilakukan Kelly Service: indonesiasalaryguide.

Kelly Service juga meluncurkan IndonesiaSalaryGuide-2011-2012 *new*

Semoga bermanfaat dan selamat berjuang mendapatkan gaji yang lebih layak!

* untuk alasan confidentiality, saya tidak bisa mengekspos narasumber :-)
** f.g: fresh graduate

About these ads

65 thoughts on “Standar Gaji: Update!

  1. Aisha says:

    Wah menarik sekali blognya. Ini topik yang saya juga senang bicarakan dan mencari tahu. Sepertinya untuk swasta sangat tergantung pengalaman dan latar belakang pendidikan ya. Pengalaman kerja saya 7 tahun plus s2 – gaji 18/bulan. Teman2 saya di PBB dengan pengalaman sama (7 tahun) yang punya master bergaji 22 juta. Kakak kelas saya konsultan di badan PBB yang sama 30 juta/bulan. Tapi konsultan ngga punya “benefit” seperti asuransi, kesempatan pelatihan dan sebagainya. Padahal pekerjaan mereka (di UN) santai sekali dibandingkan kerjaan kita yang di swasta. (Sirik tanda tak mampu).
    Oh ya untuk pegawai negeri sipil – untuk kementerian keuangan beda standar. Untuk golongan si jayus (gayus) lulusan stan (D3) dan usia sama dengan saya 12 juta (kalau ngga salah). Tingkat direktur atau kepala pusat antara 18-24 juta/bulan.

  2. hai aisha… thanks infonya. btw, kamu kerja dimana? atau kerja di bidang apa? nanti info kamu saya masukkan di update artikel ini. kemudian, teman yang kerja di UN itu apa mereka berbasis di Indonesia? let’s we keep the article alive for the sake of fairness in salary :-)

  3. Aisha says:

    Hi Lia. Salam kenal ya:)
    Saya di konsultan enjineering dari negara lain tapi berbasis di Indonesia. Teman saya itu kerja di badan PBB program pembangunan. Mungkin bukan sekedar besaran gaji aja nih yang harus diriset tapi juga benefit. Rekan saya baru hengkang karena walaupun gaji dia kira2 sama dengan saya, tapi ngga ada benefit. Dia pindah ke perusahaan konglomerat lokal dengan gaji lebih rendah beberapa juta tapi dapat titel manajer, asuransi kesehatan untuk pekerja, istri dan anak2, fasilitas cicilan mobil, bonus, kepastian kontrak, dll.

  4. reza says:

    heeemm….
    kalau boleh tau standar gaji administrasi project S1 (Engineering & Technical) yang sudah memiliki pengalaman kerja 1th dibidang itu, salary nya brp iya?
    terima kasih..

    • boleh tahu, tapi saya nggak tahu, hehehe. sepertinya untuk posisi tersebut nggak terlalu tinggi, apalagi pengalaman masih satu tahun. perkiraan saya maksimal 6 juta.

  5. Rangkuti says:

    salam super…
    kalau boleh tau standar gaji staff accountant (D3) pada perusahaan swasta asing, yang berlokasi di jakarta kisarannya berapa?
    terima kasih..

    • perusahaan asingnya dari mana? jepang? jerman? cina? untuk posisi-posisi entry dari fresh graduate, saya pikir nggak bisa lebih dari 6 juta.

  6. RFF says:

    selamat pagi … salam kenal semua.

    saya ingin menanyakan mengenai perkiraan gaji
    saya bekerja pada perusahaan asing (jerman) di indonesia yang bergerak di bidang jasa forwarding/logistic. saya bekerja disini sudah 5thn lebih dan skrg posisi terakhir saya adalah Coordinator di divisi export… awal masuk sebagai staff administrasi … hanya ingin memastikan saja yang saya peroleh ini apakah sudah sesuai atau blm.

    dan saya mendapatkan tawarn di tempat lain (perusahaan perancis) yang bergerak di bidang yg sama sebagai supervisor tp berbeda divisi (invoice).
    saya sudah deal gaji, tp penasaran apa yang sudah deal tsb masuk ke dalam katagory yang sesuai atau tdk.

    pertanyaan saya:
    1. range salary sbg coordinator export di perusahaan jerman ini
    2. range salary sbg supervisor invoice di perusahaan perancis nanti

    untuk kedua perusahaan tsb saya mendapatkan tunjangan asuransi kesehatan untuk saya, istri dan anak s/d anak ke-3.

    • Agak susah jawabnya :-). Dikira2 aja dari hasil survey tersebut. Tapi dengan ada tunjangan kesehatan untuk istri dan 3 anak… sounds good. Saya perkirakan dalam range 10-20 juta. Tapi saya tidak terlalu familiar dengan posisi di perusahaan swasta.

      • RFF says:

        ok thanks atas jawabnnya mbak, itu perkiraan yang mbak kasih atas dasar perusahaan negeri ya? karena mbak menyatakan tdk familiar dengan posisi di perusahaan swasta.
        saat ini range yang ada adalah
        1. coordinator = 5-6jt
        2. supervisor = 6 – 8jt.
        jadi sebenarnya range yang saya dapat ini masih sangat di bawah standard ya mbak. thanks atas infonya

      • untuk karyawan swasta, coba lihat di bagian swasta artikel di atas. di situ ada perusahaan IT (internasional) yang range gajinya cukup tinggi.

        maksud saya nggak terlalu familiar dengan perusahaan swasta adalah saat ini lebih banyak berkutat di dunia NGO.

        Saya tadi ngasih range terlalu tinggi sepertinya. Level coordinator kalo di international NGO itu sekitar 15 juta soalnya (atau lebih). Maap… :-)

  7. stev says:

    Gaji buat Staff IT, pengalaman lebih dari 1 Tahun, di perusahaan swasta yang bergerak di bidang Jasa IT, berapaan ya gan

    Thanks in Advance.

    • Aduh… kayak kaskus aja manggil gan. Nama saya Amalia :)
      Itu di survey ada bagian khusus IT bisa dilihat sesuai jobdesc (halaman 20-21). rangenya dari 1 smp 7 juta.

  8. tanaya says:

    bu, minta pencerahannya ya, saya mendapatkan 2 tawaran kerja, yang pertama sebagai Head Sales di perusahaan leasing, yang kedua sebagai Marketing Manager di perusahaan PMA China, bisa bantu info berapakah standar gaji yang saya ajukan untuk posisi tersebut, karena saya sudah lulus tahap interview awal dan test, dalam waktu dekat saya akan dihubungi pihak HRD , perusahaan tersebut untuk nego gaji,
    terima kasih

    • saya nggak yakin karena tergantung perusahannya. kalau menurut survey kelly itu kisaran untuk sales manager adalah 17.5 – 25 juta, sedangkan untuk marketing manager lebih tinggi lagi (dengan pengalaman 5+ tahun). goodluck!

  9. Arslan says:

    Hi Lia, bagus sekali blognya.. Mau tanya, mungkin Lia atau rekan2 lain bs bantu jawab, hehe. Saat ini sy kerja sbg Asst. Manager (bid. engineering) dgn gaji 13jt/thn. Kemudian sy ditawari sebuah perusahaan MNC prancis utk posisi Technical Sales for South East Asia. Dengan pengalaman kerja sy ~7 thn, berapa range gaji yg pantas sy terima utk posisi tsb ya? Makasih banyak ^^

  10. Rinov says:

    Hiiii salam kenal…. Mau tanya kalo gaji untuk Strata S-1 Pengalaman 3-4 th untuk posisi Staff Agronomy (Audit ) dan Posisi lainnya yang Fresh dan sudah pengalaman di Perkebunan Kelapa Sawit Range Gaji nya berapa Ya… Thx….

    NB… Minta tolong di balas via email saya doong mbak bisa g? (rinov7881@gmail.com)

    • ini sangat spesifik ya sektornya. mungkin bisa dilihat di file untuk posisi auditor. S1, 2-4 tahun pengalaman sekitar Rp 7 – 12,5 juta per bulan. Goodluck!

  11. jack says:

    kenyataanya saat ini banyak yang tidak sesuai, gaji masih dibawah standart…S1 IT aja masih bnyak yang dapat gaji dibawah 2jt, syukurin aja apa yang ada, dan tetap semangatt cari gaji yang segede2 nya..!

  12. Mischelle says:

    Mohon infonya Bu, saya mendapat tawaran bekerja sebagai Operational Manager di PT. IDN Bullion Citraperkasa, adakah yang bisa share info mengenai kisaran gaji yang layak saya dapatkan, karena ini adalah perusahan bergerak di bidang jual beli logam mulia.
    Mohon info juga bila ada yang pernah bekerja di perusahaan ini, bagaimanakah sistem kerjanya? apakah lebih menyerupai MLM atau Trading Saham??
    Terima kasih atas jawabannya, karena takut tertipu, …….

  13. Blub says:

    Gaji di LSM rentangnya lebar banget lho… Ane pendidikan S1, project officer di LSM lokal yg berpartner sama LSM internasional. Gaji ane 5 juta dan menurut temen2 ane, itu udah termasuk tinggi buat LSM lokal. Kalau seperti British Council, Asean Foundation, mungkin 8-9 juta biasa tapi ada juga temen2 dengan posisi serupa yang cuma sekitar 2-3 juta.

  14. albus severus says:

    Hi Amalia.. Boleh minta rujukan tidak, kalau mau mencari referensi basic salary untuk lembaga asing dimana ya? Secara spesifik terutama untuk yang terkait dengan UN (UNDP, ILO, IOM, etc). Kemudian untuk grading, makin kecil angkanya makin tinggi grade-nya atau sebaliknya ya? Saya sudah googling kok tidak ketemu juga infonya. Atau mungkin ada kawan-kawan lain yang bisa bantu. Terimakasih sebelumnya.

  15. Saya mendapat tawaran sbg Supervisor Business Services di sebuah perusahaan manufaktur baja PMA Australia.. Pengalaman kerja saya 7 thn, rencana mau minta 10 juta.. ketinggian nggak ya…? Help….

  16. Andi says:

    Dari komen2 yang saya baca, gaji2nya pada tinggi2 semuanya ya. Bagus deh, tapi faktanya orang2 yang bekerja di sekitar saya (S1 Teknik) masih banyak yg gaji cuma sekitar 2jutaan, padahal lokasi kerja di jabodetabek. Ini orang sekitar saya yang terlalu standart apa orang2 yang ada disini termasuk orang2 hebat semua yaa?

    regards

    • RFF says:

      Bro Andi, sorry nih jumping, sepertinya emang kita2 ini yang di bodoh2n sama perusahaan. walaupun range salary ini hanya bdasarkan survey tp kenyataan tdk jauh berbeda sebenarnya dgn survey tsb. klo gaji sekitar 2jutaan walaupun S1 Teknik kayaknya dah kalah sama gaji buruh di JKT ya, UMR/UMP untuk JKT aja 2.2Jt hrsnya S1 Teknik dpt lebih dari 2 Jt ya. mungkin kantornya ga fair kali bro. dan karyawan diem2 aja. saya jadi bpikir untuk mencoba ngelamar di NGO ya, menggiurkan sekali gaji2nya, untuk messenger aja bisa 4-5Jt/Bln, sama kyk gaji untuk coordinator di sektor swasta.

  17. nurul says:

    wahhh tertarik bgt sama sharingnya, kebetulan suami aku dokter, dia ada tawaran buat kerja di WHO, ada yang tau ngga kisaran salary di WHO brp, buat doktor yg udh pengalaman, tp masih sekolah ambil specialist saat ini.

    Trims…

  18. kang kabayan says:

    nice blog & infonya berguna sekali :)

    sekedar mo sharing aja..

    sy lulus kuliah dr slh satu jurusan teknik di bandung (ITB) awal thn 2006, & mulai kerja di jkt hanya bbrp hr setelah dinyatakan lulus kuliah di sebuah perusahaan EPCI asing di jakarta utk bidang offshore migas construction sebagai jr. engineer. skrg posisi sy sudah senior engineer, msh bekerja di EPC asing jg, tp bukan kontraktor melainkan konsultan engineering.

    kenaikan gaji (gross) sy sampai saat ini kira2 sbb:
    2006 – 2007 –> 4,5 jt s.d 6,5jt
    2007 – 2008 –> 6,5jt s.d 9jt
    2008 – 2009 –> 9jt s.d 12jt
    2009 – 2010 –> 12jt s.d 17,5jt
    2010 – 2011 –> 17,5jt a.d 22jt
    2011 – 2012 –> 22jt s.d 25jt
    2012 – 2013 –> 25jt s.d 30jt
    2013 – 2014 –> 30jt s.d 35jt

    selain gaji sy jg dapat tunjangan kesehatan full utk sy, istri & anak2 sy. tunjangan rawat inap dicover s.d 800rb per malam utk junior engineer, & 1,1jt per malam utk yg senior. bonus per tahun kecil, hanya sekitar 1 – 2 kali gaji saja. jd total setahun hanya dapat 14 – 15 kali gaji saja, kalo ngga ada tugas ke lapangan/offshore/project site.

    ketika msh kerja di EPCI, thn 2006 – 2010, sering jg dikirim ke lapangan slm bbrp bulan dlm setahun. allowance (tambahan diluar gaji) ketika tugas ke lapangan sekitar 250rb per hari (nett; alias di luar allowance utk makan, hotel, & transport selama di lapangan atau offshore).

    tahun 2010 – skrg, pindah ke EPC / engineering consultant & ga pernah ke lapangan lg. full di jakarta aja.

    thats all.. mudah2an bermanfaat ya :)

    • Wah thanks inputnya. Angkanya sangat fantastis. Terutama kenaikan tiap tahun yang bisa lebih dari 20%. Apa berpindah-pindah perusahaan? Dengan pengalaman baru 8 tahun, beruntung sekali sudah bergaji sebesar itu! Selamat! :)

  19. Kang Kabayan says:

    Mba Lia,

    Informasi ini utk pelengkap/pembanding aja. Itu pengalaman sy pribadi, tp sy rasa emang sekitar segitu rate gaji standar utk engineer di EPC / EPCI company di Jakarta. Tentunya ada jg yg dapat lbh rendah, & banyak jg yg dapat lebih besar dr yg sy dapat. Bedanya bs sampai +/- 20%.

    4 tahun pertama sy bekerja di EPCI, kemudian sy pindah tahun 2010 ke perusahaan konsultan engineering (EPC) sampai skrg. Keduanya perusahaan asing & di Jakarta. Diperusahaan pertama kenaikan gaji biasanya sekitar bulan July/Agustus, kalo diperusahaan kedua revisi gaji sekitar bulan April/Mei. Makanya dalam satu tahun gajinya berbeda utk di awal & di akhir tahun.

    Utk freshgraduate sekarang, standar gaji di EPC / EPCI di Indo berkisar antara 5 jt – 7 jt gross per bulan, baik PMA atau lokal. Selain gaji, biasanya ada allowance lumayan ketika ditugaskan ke lapangan. Tunjangan kesehatan yg diberikan perusahaan jg biasanya sangat bagus (sekelas VIP).

    EPCI = Engineering Procurement Construction (Commissioning) & Installation.
    EPC = Engineering Procurement & Construction.

    Perusahaan EPC/EPCI migas asing: Saipem, McDermott, Technip, NISCONI, KBR, Wood Group, JGC, Hyundai Heavy Industries, Petrosea, Hafar Marine, dll.

    Perusahaan EPC/EPCI migas lokal: Tripatra, IKPT, Singgar Mulia, KRS, DMB, Rekin, PT BiRu, Meindo, RPE, IKL, dll.

  20. ambrosiana says:

    mbak lia,
    mohon informasinya tentang standar gaji untuk posisi assistant manager IT di pertamina

    tks

    • Hai, maaf baru reply sekarang. Pengalaman akan menentukan juga. Jika posisi asisten manajer IT ini bisa disamakan dengan system/IT analyst rangenya adalah 5-15 juta.

  21. mario says:

    Halo semua,

    tolong diinformasikan standar gaji level manager di bidang asuransi dan manajemen risiko (baik perusahaan JV, BUMN, dan swasta lokal)

    terima kasih

  22. Andika says:

    Sekedar menambah referensi, standar gaji di Sekretariat ASEAN untuk posisi:
    1. Technical Assistant 3.5 -5 jt
    2. Technical/Program officer range berkisar Rp. 5-20 jtaan commensurate dgn latar belakang akademik dan pengalaman kerja, pengalaman > 5 tahun dan S2 udah bisa nego 10jt up (health insurance untuk fam, rate kamar Rp 700k/night/room, dengan total biaya pengobatan up to 150an jt/tahun per anggota keluarga yg diasuransikan)
    3. Senior officer rangenya USD 29,000-40,000 (insentifnya lebih banyak lagi ini)
    Belum termasuk sisa per-diem pada saat tugas ke LN dan kesempatan training :))))

  23. Lia says:

    Saya dipanggil oleh perusahaan international development consulting firm yang namanya MSI (Manegement Systems International) untuk posisi Program Assistant. Ada yang tau informasi mengenai range gaji untuk posisi tersebut? Terima kasih sebelumnya

  24. Vebri says:

    Ada yang tau standar gaji bekerja di JICA untuk pengalaman 2 tahun sbg staf administrasi?
    Terima kasih.

  25. Yani Pohan says:

    Bagi info dong, berapa sih gaji untuk :
    – administrator
    – engineer (freshgraduate )
    – project manager ( experience 3-4 tahun)
    pada perusahaan kontraktor di Jakarta

  26. Yani Pohan says:

    Mba Lia, masih sama ya standar gaji itu dengan sekarang, saya pikir karena sudah ada kenaikan lagi di tahun ini jadi ada yang baru, kalau masih sama baguslah, makasi ya mba :)

  27. Anto says:

    Untuk memudahkan teman semua,, jika ingin mencari tahu standard gaji (khusus engineering) silahkan lihat di webnya Inkindo, disana ada lengkap mulai dari experience + local/overseas hire dan diupdate setiap tahun. Semoga bias membantu

  28. bee honey says:

    Trims atas infonya yah. Sekedar masukan, dari hasil survey kelly, hanya perusahaan asing yg memiliki standard gaji sebesar itu, kalau lokal rata2 masih jauh dibawahnya. So, sy setuju banget dg owner blog ini Ms Amalia bahwa semuanya bergantung pada perusahaan yg akan kita masuki. Nice info.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s