Cara Berdoa yang Baik


Sebelumnya saya bingung mencari kata sifat yang pas untuk judul postingan ini. Apakah itu baik atau benar atau mujarab atau ala Amalia atau yang disukai Tuhan atau lainnya? Tapi akhirnya saya memilih baik, meski saya juga nggak menjamin apakah ini adalah cara yang benar, mujarab, dan disukai Tuhan.

Pertama, kenapa berdoa?

Sebab kita bukan pemilik semua kekuatan di dunia. Ada banyak hal di luar kendali kita (dan di luar kendali manusia lainnya) sehingga kita diberi sebuah alat spiritual untuk meminta pada Dia Yang Maha Kuasa (Dan-Namanya-Boleh-Disebut, hehehe). Dengan berbekal definisi sederhana bahwa doa adalah permintaan kepada Tuhan, saya punya tips berdoa yang dalam statistik pengalaman saya cukup berhasil.

1. Have faith

Ya, even God want you to believe in Him when you ask Him for something. Kalau kita minta pada Tuhan, tapi kita nggak percaya Tuhan bisa mengabulkan permintaan kita,  buat apa? Masalah apa nanti Tuhan mau memberi sesuai yang kita minta itu urusan lain. Sebab itu sudah  di luar kontrol kita. Tuhan punya hak prerogatif dalam menjawab doa-doa.

2. Be specific

Hayo ngaku! Kita pasti masih sering atau paling nggak… pernah berdoa dengan gaya seperti ini: “saya ingin yang terbaik menurut Tuhan…” atau “kalau menurut Tuhan A lebih baik daripada B, maka beri saya A. Kalau tidak, ya sudah B tidak apa-apa…” atau doa paling klise yang pernah ada: “Tuhan, saya hanya ingin bahagia…”

Bilang dong apa yang bikin kamu bahagia!

Kalau pernah nonton film Bruce Almighty, kalian pasti punya gambaran betapa banyak Tuhan menerima permintaan tiap harinya. Kalau kita malas menyebut keinginan spesifik, siap-siap saja doa kita tersingkirkan sejenak untuk doa-doa lain yang lebih spesifik. Logika sederhana saja.

Biar kamu punya gambaran, ini contoh doa-doa spesifik saya yang terkabul dan jawabannya tepat sesuai yang saya ucapkan.

“Tuhan, saya ingin bisa ranking 1.”
“Tuhan, saya ingin kuliah di ITS.”
“Tuhan, saya ingin bisa mengunjungi Malaysia, Jepang, dan Belanda.”
“Tuhan, saya ingin bekerja di NGO.”
“Tuhan, saya ingin melihat novel saya terpajang di rak toko-toko buku Gramedia.” (terkabul, novel saya nggak laku, makanya nangkring lama di rak toko buku, hehehe)

3. Ikhlas

Saya susah mencari padanan kata dalam bahasa Inggrisnya. Perhaps: be sincere. Yes, setelah meminta pada Tuhan dengan sungguh-sungguh, ya sudah. Kita serahkan pada Tuhan bagaimana jawabannya. Kalau dikabulkan ya syukur, kalau nggak ya nggak menyerah untuk terus berusaha dan berdoa.

A prayer is not magic. It is a combination of a strong will, effort, and sincerity.

PS. Sometimes a prayer works like a miracle.

13 thoughts on “Cara Berdoa yang Baik

  1. wulanadian says:

    Beberapa doa spesifikku:
    “Tuhan, aku pengen makan nasi padang”
    “Tuhan, tolong sembuhin jerawat ini”
    “Tuhan, pengen pindah kerja ke Surabaya”
    “Tuhan, tolong jangan biarkan buku itu dibeli orang, aku masih nabung”
    “Tuhan, kuat kan aku dalam me-maintain blog” :D

      • wulanadian says:

        no 1, aku berdo’a ngono pas sik tinggal di Ngagel (kan melarat) hehehe… dikabulkan rek… akhir minggu ibuk tuku sego padang 1 bungkus, dibagi bertiga. :-)

  2. anisa windradini says:

    Kalo yang ini cukup spesifik ta?
    “Tuhan, jodohkanlah aku dengannya”
    “Tuhan, kalo dia bukan jodohku, jangan jodohkan dia dengan orang lain”
    “Tuhan, kalo dia terlanjur berjodoh dengan yang lain, putuskanlah jodohnya”
    “Tuhan, kalo jodohnya dengan yang lain sudah putus, jodohkanlah aku dengannya”

  3. waahhh…
    selama ini aku berdoa cuman minta yang terbaik..
    hehehe…
    mesti yang spesifik ya..
    soalnya takut dikecewakan sih… :D
    Anyway, we juz need to believe that He will give us the BEST instead of approved our “selfish” pray…
    wakakakak…

    • bisa saja Tuhan ngasih yang paling gampang buat dikasih, hehe. makanya minta yang spesifik. kalau dikasih yang lainnya, baru mikir: “mm… mungkin ini yang terbaik menurut Tuhan.” hehehe… *tetep maksa*

  4. Vivien says:

    Sudah bertahun2 doa ku : Tuhan, Pertemukan aku dengan jodohku..
    tapi sampe skarnang blum terkabul..
    hiks

  5. nino says:

    doaku akhir2 ini :
    ya Bapa jangan pisahkan kami berdua
    ya Bapa satukanlah kami
    ya Bapa tanamkanlah cinta di hati kami
    ya Bapa ajari kami saling mencintai, menyayangi dan saling memahami
    ya bapa aku hanya memohon..Engkaulah yang menentukan
    ya bapa ampunilah aku yang slalu berbuat dosa yang menyakiti hati kudusmu
    ya Bapa kabulkanlah doa ku…

Leave a Reply

